Minggu, 27 Januari 2013

Orang Jepara yang ingin ke Karimun Jawa

Gue orang jepara. Asli orang Jepara. Lahir di Jepara dan hidup selama 17 tahun penuh di Jepara. Tapi gue yang orang Jepara ini bahkan tidak pernah sekalipun menginjakkan kaki di Karimun Jawa yang  notabene masih di wilayah kota Jepara. Haha.. Jujur gue malu. Malu banget. Apalagi setiap anak-anak kampus pada nanyain udah pernah ke Jepara belom. Huehh.. boro-boro mamen. Gue ini anak rumahan. Kalo gak dipaksa-paksa, kalo gak ada temennya yah boro-boro gue mau keluar dari kamar gue tercinta ini. Muter-muter Jepara juga jarang-jarang. Kalo gak diajakin sama anak-anak ENSAF dulu palingan bareng sodara-sodara atau gak bareng si unyil sama nunclep yang sekarang udah jarang banget ketemu sama gue :( Sibuk ya nak?

Iseng-iseng sejak tadi pagi gue buka-buka webnya backpacker indonesia. Yah, gue tau tentang forum ini karena beberapa bulan yang lalu gue ga sengaja ketemu sekelompok dari mereka yang sedang kopdar di gunung gede. Pas itu gue lagi naik ke Gunung Gede bareng anak-anak Teknik Sipil dan Lingkungan IPB yang paling kece !!! Dulu mata gue bener-bener tertutup tentang gunung-gunungan atau backpacker-backpackeran. Tapi sejak gue naik ke gunung gede bareng anak-anak Teknik Sipil dan Lingkungan yang menamakan dirinya VECOVILING ini gue jadi ketagihan pengen naik gunung lagi. Walaupun nangis-nangis sampe semaput juga gue masih mau kok naik gunung lagi :3. Baru satu minggu yang lalu gue backpackeran bareng anak-anak VECOVILING lagi (eh, pertama kali backpackeran deng :3) di Bromo sama Malang. Banyak hal tragis tapi banyak pula bantuan coy. Kalo mau baca kisah kami di Bromo dan Malang bisa buka blog om didi cuplis yang kece ini (klik disini). Disana om didi juga ngerinci pengeluaran kita selama di malang dan bromo. Kece euy :3

Okeh lanjut, jadi sejak tadi pagi setelah bangun tidur, solat subuh dan sarapan, gue iseng buka forum BPI itu. Gue search tentang perjalanan ke Karimun Jawa. Ada banyak euy.. gue jadi bingung mau baca yang mana. Akhirnya mata gue tertuju pada salah satu judul posting ini  CARA MURAH WISATA KARIMUN JAWA ( dg KM Ekspress Bahari + SNORKELING dari PAGI s/d SORE). Gara-gara ada embel-embelnya murah. Haha... Cukup lengkap emang. Baca aja sendiri ah (sebenernya niatnya gue mau nge-review tapi terlanjur males.. :D)

"dari Forum Backpacker Indonesia *credit to : agan Hiqmad
Bagi rekan2 yang mo ke KARIMUN sendiri (tanpa EO) ini rinciannya :
Kapal Cepat Ekspress BAHARI - kapasitas 348 orang - waktu tempuh 2 jam-an dari Jepara tarif : 84rb. kalo hari jumat - tiket biasanya cepat habis karena banyak Wisatawan. bila tiket saat kita datang di hari jumat telah habis pesan ajah tiket untuk hari sabtu...biasanya masih ada...!! sambil menunggu hari sabtu - rekan2 bisa jalan2 ke KUDUS - DEMAK dan keliling JEPARA. Kalo mo bermalam di pantai Kartini - Jepara ada Homestay KOTA BARU dengan tarif 70rb (fan) - 120rb (AC) atau di ASIA HOTEL di Jl,Kartini dekat alun2 Jepara...asyik juga khan....bisa jalan2 ke Pulau Panjang di Jepara, menikmati Pantai Kartini atau Pantai Bandengan atau sekedar JJS di Jepara & Wisata Kuliner di KUDUS. Adapun kapal penyeberangan di pelabuhan sini ada 3 jenis kapal, yaitu Kapal KM Muria (feri, lama tempuh sekitar 5-8 jam), Kapal Ekspres Kartini, dan Kapal Ekspres Bahari 9. KM Muria dan Kartini di bawah kelolaan Dishub, untuk informasi tiketnya dapat menghubungi Bapak Susilo di nomor HP 0813 282 66781. Sementara Kapal Ekspres Bahari 9 (lama tempuh sekitar 2 jam, sama seperti Kapal Kartini), berada di bawah kelolaan swasta yaitu PT Pelayaran Sakti Inti Makmur, dapat menghubungi Bapak Novera di nomor HP 0823 2545 6161. sebaiknya hub dahulu Bapak Novera di nomor HP 0823 2545 6161. Bila perlu pesan tiket langsung ke beliau agar tidak kehabisan sebelum hari yang ditentukan via transfer dan bukti transfer nanti ditunjukkan setelah kita tiba di JEPARA - tepatnya di kantor KM EKSPRESS BAHARI - atau tempat yg telah di janjikan oleh Bp. Novera
Jadwal pemberangkatan KMP MURIA ( Rp. 35rb - lama perjalanan 6 jam) dari jepara ke karimunjawa ataupun sebaliknya.
Jepara - karimunjawa (09.00-15.00)
- sabtu
- senin

- rabu
 Karimunjawa - jepara (09.00-15.00)
- minggu
- selasa
- kamis "
 Setiba di Karimun jawa, disana banyak HOMESTAY dengan harga 60rb (kamar mandi luar) dan 75 rb kamar mandi dalam. 1 kamar tidur bisa untuk 2 orang (jadi bisa patungan). Listrik baru hidup dari jam 18.00 - 06.00 pagi. jam 06.00 - 17.30 tidak ada LISTRIK.. Kalo sabtu - minggu, karena banyak wisatawan, maka kita bisa ikutan SNORKELING dengan membayar 150rb / hari dari pagi hingga sore (min.6 SPOT) hubungi CP. : 081 326 459 910 (Bp. Mukhlis : Homestay Puri Karimun). Hari pertama setiba di karimun jawa sebaiknya sewa MOTOR u/ 6 jam = Rp.40rb, lalu jalan2 ke legon LEle, Legon Waru, Pantai Nirvana dan Tj. Gelam (liat SUNSET) malam hari jalan2 ke Alun2...beli ikan bakar..(murah2 Lho,,!!). Hari ke 2 : Snorkeling dari pagi hingga sore. Hari ke 3 : pagi hari lihat SUN RISE di Pantai Nirvana dan Snorkeling di pinggir pantai hingga ke 100 - 200 m dari bibir pantai...kedalaman hanya seleher orang dewasa. Hari ke 3 : jam 13.00 pulang ke Jepara...sampai jepara jam 15.30..lalu ke terminal...
NB : rekomendasi emang seh wisma apung okeh banget...
WISMA APUNG ( Penginapan di Karimun tepatnya di tengah laut )
Contact : Ibu Nurul : 0813 25 110 999
Biaya = 160.000 / Kamar termasuk sarapan pagi ; Extrabed = 50.000
Tips : Makan malam disini cukup mahal : 25.000, Jadi kalau mau nabung, nyari makan di alun2 saja pakai kapal nelayan yang disediakan gratis.
Sebenarnya menginap di wisma apung terbilang cukup mahal, namun terbayar dengan fasilitas disana salah satunya terdapat kolam Hiu, penyu raksaksa, kapal nelayan gratis, life jacket gratis untuk berenang dan pastinya pemandangan yang luar biasa.
Bila anda ingin SNORKELING bisa bicarakan dengan pemilik/pengurus di WISMA APUNG - kalo hanya 1 - 2 SPOT bisa dikasih harga 50rb...tapi kalo seharian (6 spot) bisa 100rb - 150)
"

Kece kan yah.. Kece banget buat jadi referensi. Bahkan sampe ada CPnya segala. Sayangnya si abang kaga ngasih tau biaya dari Jakarta ke Jeparanya. Kalo dari Bogor ke Jepara sih gue apal mati. Haha... Soalnya udah berkali-kali pulang kampung. Kalo dari Jakarta bisa naik bis atau kereta, atau kalau mau yang lebih kece lagi naik pesawat juga bisa. Untuk yang naik kereta sama pesawat paling pol cuma sampe semarang, udah itu ke Jeparanya bisa naik bis atau travel. Soalnya di Jepara ga ada stasiun sama bandara, ada juga bandara kecil di Karimun Jawa. Untuk yang naik bis bisa langsung sampe di alun-alun kota Jepara, harga tiket bis sekitar 110ribuan. Banyak pilihan bis coy, beda sama pilihan bis dari bogor ke jepara yang cuma beberapa.

Kalo dari bogor sama coy ! Bisa naik kereta atau bis. Lu kalo betah sengsara tapi budgetnya tertekan sedikit, lu bisa milih naik kereta. Kalo bareng-bareng mah, sengsara juga ga kerasa !!! Haha.. Kalo naik bis dari Bogor ke Jepara harga normal 135ribu - 150ribu, biasanya gue sih naik nusantara. Tapi kalo naik bis lainnya kayanya dapetnya lebih murah. Paling cuma nambah biaya angkot ke agen bisnya aja. Lima rebu kalo dari dramaga. Oh ya, pilihan bisnya ada shantika, bejeu, muji jaya, haryanto, apalagi yah? lupa gue.

Kalo naik kereta ini rinciannya (ini gue dari ipb dramaga bogor yah)
- Angkot ke stasiun : 5000
- Commuter Line ke Jakarta Kota atau Pasar Senen : 9000 (kalo gue sih lebih prefer ke jakarta kota *udah biasanya yang itu*)
- Tiket kereta tawang jaya ekonomi (Ps Senen - Semarang Poncol) : 33500 (harganya belom naik kayanya)
- Dari Poncol naik bis ke terminal terboyo : 4000
- Dari Terminal Terboyo naik bis jurusan jepara : 11000 (ntar turun di terminal ato kalo gak di kanal)
- Udah itu naik becak ke darmaga pantai kartini 10-15ribuan
Totalnya : 72500 - 77500

Hampir separohnya pokoknya. Kalo gak mau capek-capek mendingan juga naik bis aja. Tapi kalo mau ngirit budget ya naik kereta aja.

Sebenernya udah ada wacana dari anak-anak ENSAF buat liburan ke karimun jawa. Tapi karena cuaca kurang mendukung dan jadwal kita cuma sedikit yang cocok akhirnya dibatalkan. Anak vecoviling juga udah pengen-pengenan. Semoga nanti setelah Praktik Lapang ada liburan, biar kita bisa barengan kesananya :3

Semoga gue yang orang jepara ini pernah menginjakkan kaki di pulau karimun jawa tercinta yah :3
Biar tidak malu sama anak cucu.. Haha..