Rabu, 24 Oktober 2012

Jawaban UTS Pengantar Life Cycle Analysis

Okesip, dari judulnya aja udah ketahuan postingan kali ini mau ngomongin apa. Yup, jawaban UTS Pengantar Life Cycle Analysis. Sebelumnya gue kasih tau dulu nih. UTS Pengantar LCA ini dikasih dua opsi, opsi pertama bikin video dokumenter tentang lingkungan dan opsi kedua ujian lisan. Buat yang bikin video dokumenter ga usah capek-capek meres otak buat belajar ujian lisannya. Buat yang milih ujian lisan ga usah capek-capek meres tenaga buat bikin videonya. Dan gue milih opsi kedua. UJIAN LISAN.
Di ujian lisan ini, soal udah dikasih jauh-jauh hari sebelum UTS (red : kuliah terakhir sebelum UTS). Kalo angkatan gue (angkatan 47) ada 9 buah soal yang dikasih pak pras. Kalo angkatan yang sebelumnya kayanya ada 12 soal. Kita cuma dapet 9 soal soalnya ada yang belum dijelasin sama si bapak. Nah, dari 9 soal itu bakal dipilih 2-3 soal yang musti di jawab. Yang milihin pak pras kalo gak ya diundi. Yo.. ga usah berlama-lama sok aja atuh langsung cek aja soal dan jawabannya. :)
Ini versi gue ya, kalo mau direvisi sok aja. Jawaban ini ga mutlak-mutlak amat kok.

Soal 1
Jelaskan beberapa masalah lingkungan hidup di Indonesia yang saudara ketahui !
a. Kerusakan hutan dan keanekaragaman hayati yang disebabkan oleh perluasan lahan pertanian dan peternakan, kebakaran hutan baik itu secara sengaja maupun tidak disengaja, perluasan lahan untuk pemukiman maupun bangunan industri, penggembalaan ternak dan industri HPH (Hak Pengusahaan Hutan), proyek lahan gambut sejuta hektar yang gagal yang malah menyebabkan kerusakan tanah.
b. Degradasi atau kerusakan Sumber Daya Air sehingga terjadi kekeringan pada saat musim kemarau dan banjir pada saat musim penghujan. Hal ini terjadi karena kesalahan dalam manajemen penggunaan air dan konversi daerah tangkapan hujan menjadi pemukiman (Catchment area semakin berkurang)
c. Pemanasan Bumi yang menyebabkan suhu bumi meningkat, terjadinya perubahan iklim dan musim yang tidak teratur sehingga menyulitkan petani dalam menentukan masa tanam dan menyulitkan nelayan untuk memilih musim yang tepat untuk berlayar atau melaut. Selain itu pemanasan bumi juga menyebabkan meningkatnya muka air laut yang berakibat pada tenggelamnya pulau-pulau kecil di Indonesia, bahkan ada yang  meramalkan pada tahun 2050 pulau Jawa akan tenggelam.
d. Pencemaran air dan udara. Limbah industri dan sampah yang dibuang ke sungai atau perairan lainnya menyebabkan sungai menjadi tercemar padahal seperti yang kita ketahui air sungai banyak dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari masyarakat di sekitar sungai, air PAM juga ada yang beberapa sumber mata airnya berasal dari air sungai karena jarak dengan gunung terlalu jauh. Selain itu limbah dari cerobong pabrik juga dapat mencemari udara, misalnya saja pabrik semen dan pabrik-pabrik lainnya yang mengeluarkan limbah asap yang sangat banyak. Limbah yang mencemari udara tersebut bisa berupa debu (dustfall), TSP, PM10, PM2,5, SO2, NO2 dan senyawa-senyawa berbahaya lainnya. Selain limbah cerobong, sumber utama lainnya adalah dari kendaraan bermotor, pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna dapat menyebabkan kendaraan bermotor tersebut mengeluarkan emisi berupa CO (karbon monoksida) dan timbal yang jelas-jelas berbahaya bagi tubuh dan lingkungan. Selain itu bicara mengenai sampah, sampah dapat menjadi limbah padat yang merusak tanah, bisa menjadi limbah cair yang berupa lindi (air sampah ) yang merusak perairan dan menjadi limbah bau yang mencemari udara.
e. Penipisan ozon yang merupakan masalah global selain pemanasan bumi yang dialami oleh Indonesia pula. Penipisan ozon ini disebabkan oleh CFC yang berasal dari AC, Kulkas dan hairspray
f. Pencemaran Laut, disebabkan oleh bocornya tangki yang berada di tengah laut atau kapala yang membawa muatan minyak yang bocor. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan bioremediasi.

Soal 2
Menurut anda pengelolaan lingkungan itu paksaan atau kesadaran?
Pada dasarnya pengelolaan lingkungan hidup itu adalah suatu kesadaran, karena dalam melakukannya dibutuhkan kesadaran dan komitmen yang kuat. Namun dalam beberapa kondisi tertentu komitmen tersebut harus ditanamkan dengan menggunakan paksaan apabila pihak-pihak yang merusak lingkungan tersebut tidak sadar-sadar. Paksaan ini bisa dilakukan dengan menggunakan regulasi atau peraturan, paksaan dari konsumen, maupun paksaan dari lingkungan sekitar.

Soal 3 
Jelaskan 4 prinsip dalam perspektif ekologi !
1) saling tergantung (interdependency) : antara makhluk hidup dengan makhluk tak hidup mempunyai hubungan saling ketergantungan antar komponen. Manusia sebagai makhluk hidup tidak akan bisa hidup tanpa adanya alam, dan alam tidak akan bisa bertahan atau sustain tanpa dukungan dari makhluk hidup lainnya.
2) Jaring kerja (network) : Setiap organisme merupakan jaring kerja dari organ, setiap organ merupakan jaring kerja dari sel dan setiap sel merupakan jaring kerja dari berbagai komponen. Jaring kerja modern antara lain kerjasama, kemitraan dan manajemen kolaborasi
3) Prinsip Keanekaragaman (diversity) : sistem kehidupan yang beraneka ragam cenderung lebih mantap dan lebih berkemmbang. Tidak ada solusi tunggal untuk mengatasi suatu masalah, banyak pendapat banyak solusi.
4) Holistik : setiap kejadian atau peristiwa atau komponen senantiasa merupakan bagian dari kejadian atau peristiwa atau komponen lainnya yang lebih besar

Soal 4 
Jelaskan secara skematis kerangka pikir dalam analisis daya dukung lingkungan berbasis neraca air!
Daya dukung lingkungan berbasis neraca air dapat diketahui dengan menghitung kapasitas ketersediaan air dan kebutuhan air pada wilayah tersebut. Kriteria status daya dukung lingkungan tersebut dapat ditentukan dengan cara membandingkan nilai total CH andalan dalam satu tahun dengan kebutuhan air pada wilayah tersebut dalam satu tahun (water footprint). Kemudian dari dua data tersebut dibandingkan, ada dua cara dalam membandingkan yaitu dengan metode surplus-defisit dan metode rasio supply-demand. Metode rasio suppply-demand lebih cocok digunakan. Dari rasio supply (CH andalan) dan demand (waterfootprint) didapatkan suatu nilai, apabila nilai tersebut lebih besar dari 2 maka daerah tersebut dapat dikatakan aman, kalau nilainya antara 1 sampai 2 daerah tersebut dikatakan aman bersyarat dan jika nlainya lebih kecil dari 1 maka daerah tersebut dikatakan overshoot atau terlampaui.
Soal 5
Sebutkan hirarki analisis dalam konsep daya dukung lingkungan berbasis neraca air !
1) status daya dukung lingkungan berbasis neraca air
2) sumber daya iklim untuk pertanian (agroklimat) -> mengembangkan pertanian adaptif
3) Potensi sumber air 
4) Indikator degradasi sumber daya air

Soal 6
Apakah yang anda ketahui tentang adanya pergeseran paradigma dalam pengelolaan lingkungan?
1) dari penolahan limbah ujung pipa (end of pipe) menjadi pengelolaan material/bahan di setiap titik proses sejak awal hingga akhir (from cradle to grave) bahkan sekarang from cradle to cradle
2) dari yang bersifat atur-kendali (command and control) menjadi atur-diri-sendiri (self control) melalui dorongan instrumen pasar
3) dari yang bersifat wajib menjadi sukarela
4) dari sikap resisten dan menolak menjadi proaktif dan kreatif terhadap lingkungan
5) dari cara penanganan yang bersifat parsial menjadi penanganan yang bersifat sistemik
6) dari cara pengelolaan yang bersifat sendiri-sendiri menjadi cara pengelolaan yang bersifat jaring kerjasama (net works)
7) dari yang bersifat instrumental menjadi bersifat fundamental (value, ethics)

Soal 7
Jelaskan secara skematis hirarki pengelolaan lingkungan di kalangan bisnis yang peduli lingkungan!
1) komitmen dan kepedulian lingkungan -> pimpinan organisasi
2) manajemen peduli lingkungan (ekolabel, audit, produksi bersih, ISO 14001, implementasi AMDAL yang konsisten)
3) Teknologi ramah lingkungan (replace, reduce, reuse, recycle, recover)
4) eko-efisiensi

Soal 8
Jelaskan prinsip dasar teknologi ramah lingkungan
1) cegah cemaran dari sumber persoalan (replace dan reduce bahan cemaran)
2) kurangi cemaran dengan memanfaatkan ulang limbah (reuse dan recycle limbah)
3) pulihkan limbah (recover limbah)
4) olah dan buang limbah dengan aman

Soal 9
Jelaskan persamaan dan perbedaan AMDAL dan SML ISO 14001
gue gatau -_____-

Tidak ada komentar: