Jumat, 09 November 2012

Pakai Tas Kresek Itu Norak


PAKAI TAS KRESEK ITU NORAK

FHI - Tas Kresek adalah "barang sekali pakai" yang butuh 100-500 tahun untuk bisa terurai di alam. Jika tercecer ditanah akan merusak lingkungan, menghambat peresapan air, manyebabkan banjir, dan merusak kesuburan tanah.

Tahukah kamu, di Bangladesh karena penyebab banjir tas kresek dilarang.

• Tas Kresek terbuat dari plastik polyethene (PE) yang berasal dari minyak mentah. Butuh 11 barel minyak untuk memproduksi 1 ton plastik. Untuk
memproduksi kebutuhan plastik dunia dibutuhkan 12 juta barel minyak yang akan menghasilkan emisi gas rumah kaca cukup besar dan menyebabkan pemanasan global.*fhi

• Setiap tahun satu triliun tas kresek digunakan di dunia. Faktanya tas kresek yang bisa didaur ulang kurang dari 5%. Berarti setiap satu menit 2 juta tas kresek yang dibuang, sehingga jika sampah tas kresek tersebut dibentangkan bisa membungkus permukaan bumi 10 kali.

Di Inggris, setiap kilometer pantai ada 2,000 sampah tas kresek. Di Jakarta sampah tas kresek setiap harinya dapat untuk menutupi 2.600 lapangan sepakbola.*fhi Di Bandung sampah tas kresek per harinya mencapai 700 meter kubik dan itu cukup untuk menutupi 50 lapangan sepakbola,

• Fakta lain, 80% sampah di lautan berasal dari darat dan 90% diantaranya adalah plastik.
Sementara data PBB menyebutkan ada 46.000 sampah plastik mengambang di setiap mil laut.

• Laporan sobat-sobat di Greenpeace, sampah plastik yang masuk ke laut menyebabkan sedikitnya 267 jenis biota laut menderita karena terjerat atau makan sampah plastik.*fhi Setiap tahun Lebih dari satu juta biota laut seperti, Burung laut, ikan paus dan penyu mati karena terjerat dan mencernakan sampah plastik.

• Membakar tas kresek selain mencemari udarajuga akan menghasilkan gas dioksin yang jika terhirup akan membahayakan kesehatan manusia. Salah satu bisa menyebabkan kanker dan keracunan.

Jadi mulai sekarang budayakan membawa tas yang bisa dipakai ulang, seperti tas kain atau kanvas. Jika penjual/kasir memberi tas kresek, TOLAK dan jelaskan tentang bahaya tas kresek. Apabila membeli/membawa barang dalam jumlah sedikit, cukup pegang atau masukan kantong pakaian.

Mulai dari kita sendiri, mulai dari hal yang kecil & mulai sekarang juga!

©[FHI]
Repost dari kiriman generasi hijau IPB di grup Pusat Informasi Mahasiswa IPB

Tidak ada komentar: